Resep untuk membuat situs web restoran terbaik dalam 6 langkah

Posted by

Memiliki hobi memasak rasanya belum lengkap kecuali Anda sudah memulai bisnis kuliner sendiri. Darimana? Saat ini cara memulai bisnis semakin mudah. Apalagi saat membuka stand online.

 

Mungkin memulai restoran online selalu menjadi impian Anda. Tapi bagaimana Anda memulai?

 

Ya, apa lagi yang bisa Anda lakukan jika Anda tidak membangun situs web restoran? Nah, bagi Anda yang mungkin sudah memiliki bisnis kuliner namun belum membuat website restoran, sangat disarankan untuk membaca artikel ini.

6 langkah untuk membuat website restoran terbaik

Siapa bilang membuat website restoran itu sulit? Hanya dalam 6 langkah Anda dapat membuat situs web restoran terbaik!

 

Bahan apa saja yang perlu Anda siapkan? Tanpa basa-basi lagi, mari kita lihat resep membuat website restoran di bawah ini!

 

  1. Buat domain yang unik dan mudah diingat

Sebelum membuat website, Anda harus membuat domain terlebih dahulu. Domain adalah nama alamat yang digunakan untuk membuat situs web dapat ditemukan. Dalam arti tertentu, ini adalah lokasi restoran Anda.

 

Pastikan Anda memilih nama domain yang unik dan mudah diingat. Simak tipsnya di artikel Cara menentukan nama domain untuk bisnis kreatif Anda.

 

Domain .KITCHEN tampaknya cocok untuk situs web restoran Anda. Namun, jika Anda ingin melihat domain lain yang dapat Anda gunakan, silakan kunjungi halaman Beli Domain Murah dan masukkan nama domain target Anda.

 

Catatan penting, jangan terburu-buru membeli domain. Yang utama adalah meneliti nama domain terlebih dahulu.

 

Selain memberikan inspirasi untuk membuat domain yang menarik, ada beberapa domain yang memiliki regulasi khusus. Misalnya, domain .GO.ID hanya diperbolehkan untuk situs web resmi pemerintah atau CO.ID yang memerlukan dokumen khusus untuk mendaftar

 

Selain itu, Anda bisa mendapatkan domain secara gratis dengan berlangganan paket hosting tertentu.

  1. Beli hosting yang sesuai dengan ukuran perusahaan

Setelah memilih domain dan kemudian mengakses layanan web hosting, biasanya Anda akan disuguhkan dengan beberapa pilihan hosting. Hosting seperti lemari penyimpanan tempat Anda meletakkan semua data situs web Anda.

 

Untuk membuat website restoran, kami menyarankan setidaknya hosting Anda menjamin:

 

Mampu menampung ratusan ribu pengunjung/bulan tanpa mematikan website;

Kapasitas penyimpanan yang besar untuk menyimpan berbagai konten data (teks, gambar, database, dll);

Bandwidth besar sehingga banyak orang dapat mengaksesnya secara bersamaan;

Memiliki SSL untuk mengamankan semua transaksi dan informasi;

Menyediakan fungsi backup agar ada backup saat website crash;

Pastikan kecepatan situs web yang optimal untuk membuat pengunjung merasa nyaman saat menjelajahi situs web;

Nah, jenis hosting yang bisa memenuhi semua spesifikasi di atas adalah Simple WordPress Niagahoster.

 

paket blog wordpress sederhana, profil perusahaan, toko online

Apa yang membedakan WordPress Sederhana dari yang lain adalah mengelola situs web jauh lebih praktis dan ramah bagi pemula. Karena Anda dapat mengelola website dari dashboard khusus yang sederhana namun multifungsi.

 

Dasbor ini memungkinkan Anda mengelola fungsi dasar situs web tanpa pengetahuan teknis apa pun. Seperti melihat informasi situs web umum, melihat analitik melalui Pelacak Pengunjung, melakukan pencadangan, dll.

 

ikhtisar WordPress sederhana

Hal ini tentunya sangat berbeda dengan web hosting biasa. Yang mana, Anda menggunakan cPanel untuk mengelola hosting. Ada banyak pilihan menu dan saya tidak tahu apa fungsinya, jika Anda mengklik tombol yang salah, Anda juga rentan terhadap kesalahan situs web.

Kembali ke WordPress dasar, untuk situs web restoran kami sarankan Anda menggunakan paket toko online.

 

paket blog wordpress sederhana, profil perusahaan, toko online

Dengan hosting ini, restoran online Anda akan memiliki berbagai keuntungan seperti: B. 450.000 pengunjung/bulan, ruang penyimpanan 50 GB dan sebagainya.

 

Nah, jika Anda ingin lebih memahami perbedaan antara web hosting dan WordPress Sederhana, silakan lihat di sini -> Web Hosting vs. Hosting WordPress Sederhana: Mana yang Tepat untuk Anda?

 

  1. Instal tema situs web restoran

Setelah Anda memiliki domain, hosting dan beberapa pengaturan hingga website siap, saatnya untuk mengatur tema website.

 

Jika Anda menggunakan WordPress Sederhana, situs web akan secara otomatis menginstal tema sesuai dengan paket pilihan Anda. Misalnya, jika Anda memilih paket toko online, situs webnya juga memiliki tema e-niaga.

 

Namun, Anda benar-benar dapat mengubah tema situs dengan opsi lain. Nah, untungnya bagi Anda yang menggunakan WordPress sebagai CMS Anda, ada ratusan tema gratis yang bisa diterapkan pada website restoran Anda.

 

Di menu Appearance, cukup masukkan kata kunci “Restoran”. Nanti kamu akan mendapatkan rekomendasi tema restoran.

Selain itu, Anda juga dapat mencari topik yang relevan dengan memasukkan kata kunci yang terkait dengan restoran atau makanan.

 

Misalnya seperti makanan, kafe, kue dan lain-lain. Hasil yang ditampilkan juga akan berbeda.

 

  1. Pilih plugin restoran yang berbeda

Plugin adalah ekstensi atau fungsi tambahan untuk memodifikasi program tertentu.

 

Di sini kita berbicara tentang situs web restoran. Jika Anda membandingkannya, plugin adalah pelayan yang membantu Anda menjalankan fungsi restoran. Anda bebas memilih, mendaftar, dan mengecualikan pelayan mana pun di restoran Anda.

 

Sama seperti dengan tema, Anda cukup mengetikkan kata kunci ke dalam kotak pencarian di menu plugin. Seperti yang Anda lihat di bawah ini, hanya dengan mengetikkan kata “Restaurant” Anda sudah bisa mendapatkan rekomendasi plugin serta peringkat dan detail lengkapnya.

 

Dengan memasang plugin restoran, situs web Anda dapat melakukan fungsi berikut seperti restoran bintang lima:

 

Menu Makanan & Minuman: Buat buku menu tampilan kolom tanpa batas.

RestroPress: mengelola sistem pemesanan makanan, termasuk pengirimannya.

Reservasi Restoran: Menyediakan dan mengelola sistem reservasi berdasarkan permintaan.

Penanda Tempat Google Map Dasar: Menampilkan peta lokasi restoran di situs web.

WPPizza: Buat opsi pembayaran, laporan penjualan, biaya pengiriman, dan lainnya.

Namun beruntung bagi Anda yang menggunakan Niagahoster Simple WordPress. Karena Anda dapat menginstal plugin apa pun langsung dari dasbor sederhana yang telah kita bahas sebelumnya. Jadi Anda tidak perlu pergi ke halaman admin WordPress.

 

Penasaran bagaimana? Berikut adalah langkah-langkah untuk menginstal plugin dari dasbor WordPress Sederhana:

 

Buka dasbor WordPress Sederhana;

Pilih menu fungsi dan kemudian klik pada tiga titik (⋮);

Tekan tombol Kelola Plugin;

Gunakan fungsi pencarian untuk menemukan plugin yang Anda inginkan;

Klik Instal Plugin.

Sebagai? Sangat mudah bukan?

 

Nah, khusus untuk pengguna paket Simple WordPress Online Store, website kamu akan memiliki plugin WooCommerce yang terinstall secara default lho.

 

Plugin WooCommerce memungkinkan situs web Anda memiliki fitur belanja seperti keranjang belanja, gateway pembayaran, opsi kurir, dll. Ini akan membuat situs web restoran lebih matang dan siap digunakan.

 

  1. Buat menu di situs web restoran

Menu di sini bukan berarti daftar makanan, ya. Lebih khusus lagi, navigasi untuk mengarahkan tamu restoran ke halaman tertentu.

 

Untuk melakukan ini, buat menu situs web yang mungkin dibutuhkan pengunjung Anda. Sajikan setidaknya beberapa menu berikut.

 

Halaman rumah

Katakanlah di sini adalah tempat di mana pelayan membuka pintu untuk para tamu. Masukkan informasi penting seperti promosi, penawaran menarik, dan lainnya.

halaman menu

Posting foto-foto menarik dari makanan dan minuman yang ditawarkan restoran Anda. Karena tidak ada pelayan yang menjawab pertanyaan pengunjung, harap sertakan detail menu lengkap serta daftar harga.

 

Halaman pemesanan atau reservasi

Adanya halaman ini akan memudahkan pengunjung yang ingin segera melakukan pemesanan.

 

halaman kontak

Berikan informasi kontak dan alamat lengkap sehingga pengunjung tahu ke mana harus menghubungi Anda. Instal Google Maps di situs web Anda agar lebih mudah.

 

Tentang kami halaman

Tidak tahu, tidak suka, jangan tinggalkan restoran Anda sebelum membuat pengunjung jatuh cinta. Bangun hubungan pribadi dengan tamu melalui cerita tentang restoran Anda.

 

  1. Buat konten kuliner yang menarik

Konten kuliner yang menarik adalah bagian utama dari sebuah website restoran. Tidak harus hanya teks, konten kuliner juga bisa berupa video, poster, podcast, dan lainnya.

 

Jangan hanya mengandalkan diri sendiri saat membuat konten. Anda perlu mencoba sesuatu yang sedang tren saat ini: konten buatan pengguna. Anda dapat “meminta” klien Anda untuk membuat konten yang dapat Anda posting di situs web Anda.

 

Misalnya testimonial, review video atau konten media sosial lainnya. Apalagi pengguna internet saat ini semakin kreatif dengan lahirnya berbagai platform sosial seperti TikTok, Musically dan lainnya.

 

Oh iya, jangan lupa pakai SEO juga biar website resto kamu lebih mudah ditemukan daripada warung tetangga, ya!

 

Baca Juga: Tips Digital Marketing Paling Lancar untuk Bisnis Kuliner!

 

3 contoh situs web restoran dewasa

Kami berbicara tentang cara “memasak” situs web restoran. Jadi, untuk membantu Anda memvisualisasikan restoran web, kami mencari beberapa contoh.

 

Berikut adalah beberapa situs web restoran yang sudah matang dan siap untuk Anda.

  1. Restoran sederhana

 

Dari nama restoran dan gambar website, Anda bisa langsung melihat bahwa contoh pertama kami adalah Restoran Padang. Di jalan Anda sebenarnya dapat menemukan banyak restoran di Padang. Tapi berapa banyak dari mereka yang juga membuka etalase di website?

 

Silakan gunakan celah ini untuk memperluas peluang bisnis Anda. Untuk mengilustrasikan komponen situs web mana yang dapat Anda sesuaikan, kami jelaskan di bawah ini dengan kelebihan dan kekurangannya.

 

Kelebihan dan kekurangan situs web restoran dasar

Baca Juga: Cara Menggunakan Google PageSpeed ​​​​Insight untuk Optimasi Situs Web

 

  1. Rempah-rempah harum

 

Jika Anda menanyakan contoh nama restoran yang unik dan mudah diingat, Rempah Wangi adalah jawabannya. Selain unik, kita bisa langsung membayangkan kalau menu yang ditawarkan pasti berkaitan dengan bumbu.

 

Catatan penting, Anda bisa melihat bahwa konsep Fragrant Spices cukup kuat. Baik dari menu maupun desain website. Desain website yang menggunakan warna background seperti kayu dan aksen tradisional sudah cukup menambah cita rasa restoran ini bukan?

 

Nah berikut ini beberapa hal yang bisa kamu pelajari dari website Fragrant Spices.

 

Kelebihan dan Kekurangan Website Fragrant Spice Restaurant

  1. Restoran Handayani

 

Siapa bilang restoran dengan situs web harus menyajikan menu hotel bintang lima yang mewah? Bahkan dengan masakan rumahan, Anda dapat membuat restoran online! Misalnya, restoran Handayani.

Seperti yang bisa kamu lihat dari foto di atas, menu yang disajikan RM Handayani pasti sudah tidak asing lagi. Yang membedakan RM Handayani terlihat cukup berkelas karena berhasil menata website restorannya seperti ini.

 

Nah, walaupun belum sempurna, kamu bisa mempelajari beberapa hal berikut ini dari website RM Handayani.

 

Kelebihan dan kekurangan website RM Handayani

Baca Juga: Apa Itu SSL? Apakah SSL penting untuk situs web?

 

Ayo buat website restoran yang responsif!

Setelah menjadi koki di dapur Anda sendiri, sekarang saatnya untuk menyesuaikan situs web restoran Anda. Plus, Anda punya resep di saku Anda untuk membuat situs web restoran Anda sendiri.

 

Bagaimana jika Anda tidak memiliki website atau ide bisnis kuliner yang matang? Bagaimana cara memulai bisnis kuliner?

 

Saat kami mempersiapkan dapur online masa depan Anda, ada baiknya untuk menyempurnakan ide Anda dengan mempelajari tips memulai bisnis kuliner.

 

Setelah itu, jangan lupa untuk menggunakan hosting terbaik seperti Simple WordPress Niagahoster untuk membangun website restoran Anda, ya?

 

Dengan hosting ini, restoran online Anda berpotensi menawarkan pengalaman bersantap yang lebih kuat dan nyaman daripada toko offline. Baik dari kecepatan pelayanan, keamanan bertransaksi, kemampuan menghadapi banyak pengunjung dan masih banyak lagi.

 

Tidak heran jika Simple WordPress juga cocok untuk Anda yang memiliki target lokasi yang luas atau berniat membuka cabang/franchise.

 

Namun jika ada pertanyaan yang masih kurang, silahkan isi kolom komentar dan jangan lupa berlangganan untuk menerima resep lainnya, OK!