Manfaat Asuransi Karyawan

Manfaat Asuransi Karyawan Untuk Perusahaan

Posted by

Memiliki karyawan yang sehat merupakan dambaan setiap perusahaan. Tentunya dengan sumber daya manusia yang sehat maka kinerja perusahaan juga semakin optimal. Lain cerita jika pegawai harian datang ke kantor dan mengambil cuti karena sakit, pekerjaan sehari-hari juga akan terbengkalai. Belum lagi perusahaan harus membayar biaya pengobatan karyawan.

Mahalnya biaya dokter, obat-obatan dan rumah sakit, memaksa perusahaan menyediakan anggaran sakit yang tidak sedikit. Ini tidak termasuk pembiayaan untuk risiko terburuk, seperti kecelakaan yang menyebabkan cacat tetap atau kematian. Mungkin saja, banyak uang perusahaan tersedot untuk membebani karyawan dengan risiko menjalankan bisnis.

Oleh karena itu, cara terbaik untuk memberikan perlindungan terhadap risiko adalah melalui asuransi karyawan. Dengan membeli produk tersebut, perusahaan melakukan investasi dengan cara memberikan asuransi risiko karyawan kepada perusahaan, sehingga dapat meringankan beban keuangan perusahaan di masa yang akan datang. Karyawan sebagai pemegang polis akan mendapatkan manfaat jika sakit, mengalami kecelakaan, atau meninggal dunia.

Ada dua jenis asuransi yang paling umum ditawarkan oleh perusahaan dalam paket kompensasi karyawan dengan manfaat yang berbeda, yaitu asuransi kesehatan dan asuransi jiwa. Ada perusahaan yang hanya menyediakan salah satunya, tetapi ada juga yang menawarkan keduanya sebagai imbalan kerja.

Tak jarang, asuransi menjadi daya tarik perusahaan bagi calon karyawan. Mereka menganggap perusahaan yang memberikan asuransi memiliki manajemen risiko yang baik dengan memberikan perlindungan dan kepastian terhadap kemungkinan-kemungkinan buruk yang dapat menimpa karyawan.

Asuransi karyawan tidak hanya memberikan manfaat kepada karyawan melalui perlindungan dan pertanggungan, tetapi juga memberikan dampak positif bagi perusahaan. Manfaat asuransi perusahaan meliputi:

1. Peningkatan Kesejahteraan Karyawan

Asuransi kesehatan sangat berguna bagi karyawan saat mereka sakit dan membutuhkan biaya pengobatan yang mahal. Dengan ditanggung oleh perusahaan asuransi, karyawan tidak memerlukan gaji untuk biaya rumah sakit. Artinya, karyawan dapat menggunakan uangnya untuk kebutuhan lain yang berkaitan dengan kesejahteraan keluarganya. Karyawan yang sejahtera akan merasa lebih bahagia dan lebih terlibat dengan pekerjaannya.

2. Mendorong Produktivitas Kerja

Produktivitas perusahaan dipengaruhi oleh kualitas sumber daya manusia, salah satunya adalah semangat kerja karyawan. Asuransi dapat menciptakan rasa aman dan perlindungan psikologis, sehingga meningkatkan moral mereka. Pekerja dengan semangat kerja yang tinggi juga memiliki motivasi yang tinggi, dan tentunya memiliki produktivitas yang tinggi.

3. Peningkatan Kualitas Kerja

Asuransi dapat membuat karyawan lebih fokus dalam bekerja karena tidak perlu memikirkan biaya resiko yang harus keluar dari kantong pribadi, sehingga kualitas kerja menjadi lebih baik. Sebaliknya, jika karyawan tidak diasuransikan, mereka selalu dihantui rasa khawatir atau khawatir yang dapat mengurangi konsentrasi kerja.

4. Peningkatan Loyalitas Karyawan

Karyawan yang memenuhi kebutuhan rasa aman dan nyaman dalam bekerja cenderung lebih loyal. Perusahaan yang memberikan banyak kepada karyawan, akan mendapatkan loyalitas yang besar sebagai imbalannya. Karyawan enggan meninggalkan perusahaan yang peduli dengan karyawan.

5. Dapatkan Karyawan Terbaik

Perusahaan yang menawarkan asuransi sebagai bagian dari kompensasi akan lebih mudah mendapatkan karyawan terbaik. Dibandingkan dengan perusahaan yang hanya memberikan gaji, perusahaan yang memberikan benefit berupa asuransi memiliki daya tarik yang lebih besar.

6. Manfaat Asuransi Karyawan Bagi Perusahaan

Dengan tanggung jawab risiko kepada perusahaan asuransi, perusahaan dapat menghemat anggaran karena tidak perlu mengeluarkan uang perusahaan jika terjadi karyawan, kecelakaan kerja, atau meninggal dunia.

Lalu, apakah program BPJS saja tidak cukup? Perusahaan memang mendaftarkan seluruh karyawannya sebagai peserta BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan, baik yang merupakan program jaminan kesehatan maupun asuransi jiwa yang dikelola oleh negara, bukan perusahaan swasta.

Soalnya, nilai manfaat BPJS terbatas, sehingga banyak perusahaan yang tetap memberikan asuransi kepada karyawannya dari perusahaan komersial di luar BPJS. Dengan asuransi manfaat, karyawan akan terlindungi sepenuhnya dari berbagai risiko dan mendapatkan manfaat yang lebih berlipat ganda.

Tunjangan asuransi karyawan kini tersedia di banyak platform asuransi, pasar khusus untuk tunjangan karyawan yang menampilkan berbagai merchant. Pilih jenis produk asuransi yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan dan karyawan Anda dengan harga terjangkau namun dengan manfaat yang optimal.