asuransi kesehatan BCA

Asuransi Kesehatan BCA dan Manfaatnya, Yuk Cari Tahu!

Posted by

Setiap orang pasti akan memperhitungkan segala resiko yang mungkin timbul dalam hidup. Membeli produk asuransi merupakan salah satu cara untuk meminimalkan risiko ini. Apalagi dengan masalah kesehatan dan jiwa, asuransi kesehatan BCA menjadi salah satu asuransi yang paling direkomendasikan.

Seperti yang kita ketahui bersama, nama besar BCA sebagai bank cukup kuat membuat banyak orang percaya pada setiap produk yang mereka rilis. Ternyata BCA juga memiliki bisnis di bidang asuransi melalui anak perusahaan bernama BCA Life. Perusahaan ini akhirnya menjadi alternatif bagi masyarakat untuk memberikan perlindungan finansial atas apa yang akan terjadi di masa depan.

BCA Life memiliki tiga fokus utama dalam produk yang ditawarkan, yaitu Asuransi Proteksi, Asuransi Tabungan dan Asuransi Kesehatan. Untuk asuransi kesehatan Anda sendiri, BCA Life menawarkan beberapa produk asuransi dengan manfaat berbeda yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat.

Kali ini Qoala akan menjelaskan Asuransi Kesehatan BCA melalui BCA Life secara detail, mulai dari daftar produk, manfaat, persyaratan aplikasi dan cara mendapatkannya. Ayo, lihat!

Sekilas tentang Asuransi Kesehatan BCA

Bank yang menyandang predikat bank swasta dengan pasar modal terbesar di Indonesia yaitu Bank Central Asia alias BCA ini juga memiliki bisnis keuangan lainnya yaitu BCA Life yang bergerak di bidang asuransi.

BCA Life menawarkan beragam produk asuransi yang dirancang untuk melindungi individu maupun kelompok. Berbeda dengan banyak perusahaan asuransi lain yang memiliki fokus produk yang agak berbeda, BCA Life menawarkan tiga kategori asuransi, yaitu asuransi proteksi, asuransi plus tabungan, dan asuransi kesehatan.

Keamanan dan legalitas BCA Life juga tidak perlu diragukan karena perusahaan ini telah memperoleh izin pendirian dan pengoperasian dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada 14 Juli 2014 berdasarkan keputusan Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan. Nomor : Kep -91/D.05/2014 tentang Pemberian Izin Usaha Di Bidang Asuransi Jiwa.

Untuk asuransi kesehatan Anda sendiri, BCA Life menawarkan produk untuk berbagai keperluan. Mereka juga membebankan premi yang relatif rendah dan menawarkan layanan tambahan yang menarik kepada pelanggan mereka.

Untuk memudahkan nasabah dan meningkatkan pelayanannya, pembelian asuransi kesehatan BCA dapat dilakukan melalui beberapa jalur yaitu melalui telemarketing, bancassurance hingga keagenan.

Daftar produk dan polis asuransi kesehatan BCA

Banyaknya produk asuransi kesehatan BCA memungkinkan asuransi ini memenuhi berbagai kebutuhan perlindungan nasabahnya. Berikut adalah daftar yang menjelaskan Qoala tentang produk asuransi kesehatan BCA terbaru yang ditawarkan oleh BCA Life pada tahun 2022.

1. Rumah Sakit Pertama 100% Dapat Digantikan

Hospital 100% Refundable adalah produk asuransi kesehatan BCA berupa program perlindungan kesehatan yang mencakup penggantian biaya kamar rawat inap harian dan biaya kamar unit perawatan intensif (ICU) harian di rumah sakit karena sakit atau kecelakaan.

Selain dua manfaat utama, produk ini juga menawarkan manfaat berupa pengembalian premi hingga 200% untuk manfaat kematian dan pengembalian premi sebesar 100% dari jumlah yang dibayarkan dalam jangka waktu 10 tahun asuransi dan selama masa asuransi. polis masih berlaku, baik berupa klaim maupun klaim. namun, tidak ada klaim rawat inap.

Ringkasnya, keuntungan yang bisa diraih adalah harga premium yang relatif terjangkau, mulai dari Rp. 100.000 per bulan, nilai penggantian harian untuk kamar rawat inap rumah sakit cukup besar, hingga Rp. 600.000 per hari adalah nilai penggantian harian untuk kamar ICU sampai dengan Rp. 1.2 juta. per hari (maksimal 30 hari/tahun), pengembalian premi hingga 200% untuk santunan kematian dan pengembalian 100% dari premi yang dibayarkan dalam waktu 10 tahun.

Selain itu, Anda juga dapat menyertakan pasangan dan anak-anak Anda dan mendapatkan diskon jika Anda memilih metode pembayaran tahunan satu tahun. Hospital 100% Refundable sendiri dipasarkan melalui saluran pemasaran telemarketing yang bekerjasama dengan Bancassurance antara BCA Life dan Bank BCA.

2. Bima menjaga kesehatanku

Produk selanjutnya adalah Bima Proteksi Kesehatanku. Produk ini memberikan manfaat rawat inap dan santunan kematian karena sakit atau kecelakaan.

Premi untuk produk ini relatif ringan dan menawarkan program yang menarik. Anda juga dapat melibatkan anggota keluarga untuk melindungi mereka dari risiko rawat inap. Sama seperti produk sebelumnya, Bima Proteksi Kesehatanku juga dipasarkan melalui jalur telemarketing.

3. BCA Life Purna Medis Optima

Berikutnya adalah BCA Life Purna Medis Optima. Produk asuransi kesehatan BCA untuk persiapan masa pensiun. Produk ini memberikan asuransi jiwa terbaik tertanggung hingga usia 99 tahun dengan manfaat perawatan di rumah sakit berupa uang saku rumah sakit, uang saku perawatan intensif dan biaya pembedahan ketika tertanggung telah mencapai usia pensiun.

Ada juga manfaat penyerahan (buyback) selama masa asuransi dan manfaat jatuh tempo. Bonusnya relatif kecil dan mudah didapatkan bahkan melalui channel telemarketing yang bekerjasama dengan Bank BCA

4. Perlindungan Kesehatan BCA Life

Dapat dikatakan bahwa karyawan merupakan aset yang berharga bagi sebuah perusahaan. Oleh karena itu, mengcover mereka dengan asuransi merupakan pilihan yang dapat diambil untuk meningkatkan produktivitas tenaga kerja. BCA Life Insurance menyadari hal ini dan telah merilis produk bernama BCA Life Health Protection.

BCA Life Health Protection merupakan kelompok produk asuransi kesehatan terbaik yang ditujukan bagi perusahaan yang ingin memberikan perlindungan kesehatan bagi karyawan dan keluarganya. Pertanggungan yang termasuk dalam produk ini meliputi pertanggungan penggantian biaya rawat inap, penggantian biaya rawat jalan, gigi palsu, penggantian kacamata dan persalinan.

Produk ini menggunakan sistem backup cashless atau sistem backup klaim pengembalian dana. Kemudian keunggulannya terletak pada bekerja sama dengan pihak ketiga administrasi terkemuka dengan penyedia jaringan yang bisa dibilang terbesar di Indonesia dan tentunya berpengalaman di bidang ini.

Selain itu, untuk memudahkan nasabah mengakses informasi secara real-time, produk ini dilengkapi dengan BCA Life Health Protection untuk mengetahui lokasi provider terdekat, riwayat klaim, rencana dan manfaat, tracking klaim dan fungsi Aplikasi informasi medis lainnya yang fungsi-fungsi ini menyediakan.

Manfaat Asuransi Kesehatan BCA

Manfaat yang bisa didapatkan nasabah dari setiap produk asuransi kesehatan BCA tentunya akan berbeda-beda. Berikut ringkasan manfaat yang diperoleh nasabah dari setiap produk asuransi kesehatan BCA.

Rumah Sakit 100% dapat diganti
Hal pertama yang kita bahas adalah manfaat dari produk asuransi rumah sakit 100% reimbursable. Pelanggan menerima beberapa keuntungan saat membeli produk ini:

1. Penggantian biaya harian rumah sakit

PT Asuransi Jiwa BCA akan mengganti biaya rumah sakit setiap hari kepada pemegang polis jika tertanggung (orang yang terdaftar pada asuransi) dirawat di rumah sakit karena sakit dan/atau cedera fisik.

2. Pengembalian biaya kamar Daily Intensive Care Unit (ICU).

Apabila Tertanggung memerlukan rawat inap di ruang ICU karena sakit atau cedera diri, PT Asuransi Jiwa BCA akan mengganti biaya rawat inap sebesar jumlah yang dihitung setiap hari selama maksimal 30 hari per tahun.

3. Santunan Kematian

Jika tertanggung meninggal dunia karena kecelakaan, 200% dari premi yang telah dibayarkan akan dikembalikan. Jika penyebabnya selain kecelakaan, nilai pengembaliannya adalah 100% dari premi yang dibayarkan.

4. Manfaat Pengembalian Penghargaan

Jika polis masih berlaku hingga tahun ke-10, Anda akan menerima pengembalian premi sebesar 100% dari nilai premi yang dibayarkan.

Bima menjaga kesehatanku

Dengan membeli produk asuransi Bima Proteksi Kesehatanku, nasabah mendapatkan beberapa keuntungan sebagai berikut:

1. Tunjangan rawat inap

Asuransi kesehatan BCA mengganti biaya rawat inap dengan tarif harian maksimum 60 hari per tahun jika tertanggung dirawat inap karena sakit dan/atau kecelakaan.

2. Santunan kematian karena sakit atau kecelakaan

Pada tahun pertama, jika tertanggung meninggal karena sakit, Asuransi Kesehatan BCA Life mengganti 100% dari premi Asuransi Kesehatan BCA yang dibayarkan. Jika penyebabnya adalah kecelakaan, uang yang diterima adalah 50 kali tunjangan harian rumah sakit.

Dari tahun kedua, asuransi membayar 50 kali nilai manfaat rumah sakit harian kepada ahli waris jika tertanggung meninggal karena sakit atau kecelakaan.

BCA Life Purna Medical Optima

Adapun keuntungan membeli BCA Life Purna Medis Optima adalah sebagai berikut:

1. Manfaat sebelum pensiun

Tertanggung menerima manfaat sebesar 100% dari Uang Pertanggungan sesuai data polis jika tertanggung meninggal dunia karena sakit sebelum pensiun dan pertanggungan asuransi telah berakhir sejak saat itu. Namun jika penyebab kematian adalah karena kecelakaan, maka manfaat yang akan diperoleh adalah 200% dari Uang Pertanggungan sesuai data polis.

2. Manfaat pensiun

Pemegang polis menerima manfaat penggantian biaya harian rawat inap karena sakit atau kecelakaan selama maksimal 120 hari per tahun. Selain itu, terdapat manfaat penggantian santunan harian ICU maksimal 30 hari dalam setahun. Jika di atas batas maksimal, dianggap rawat inap harian biasa.

Ada pula santunan penggantian biaya pembedahan yang menurut kuitansi dibayarkan sampai dengan batas maksimum per kecacatan jika tertanggung menjalani prosedur pembedahan dan dirawat di rumah sakit karena sakit dan/atau kecelakaan.

Jika Tertanggung meninggal dunia karena sakit atau kecelakaan, maka asuransi kesehatan BCA memberikan manfaat sebesar 100% dari Uang Pertanggungan setelah dikurangi dengan manfaat pengobatan yang dibayarkan (jika ada).

3. Manfaat Seumur Hidup

Jika Tertanggung masih hidup pada akhir Masa Pertanggungan, ia berhak atas manfaat 100% dari uang pertanggungan setelah dikurangi manfaat kesehatan yang dibayarkan (jika ada).

Sebaliknya, jika tertanggung masih hidup dan pemegang polis menebus polis (menyerah) selama masa asuransi, asuransi kesehatan BCA membayar sejumlah manfaat moneter sesuai dengan ketentuan penyerahan (menyerah).

Perlindungan Kesehatan BCA Life

BCA Life Health Protection adalah produk asuransi kesehatan grup BCA yang memberikan manfaat sebagai berikut:

1. Jaminan Rawat Inap

Jika Anda terdaftar dengan produk ini, Anda akan menerima manfaat yang dijamin untuk:

  • biaya kamar dan makan
  • Biaya Pemeliharaan Menengah
  • unit perawatan intensif
  • Kunjungan ke dokter di rumah sakit
  • Konsultasi dengan spesialis di rumah sakit
  • Biaya Ahli Anestesi
  • Keperawatan Swasta
  • Sewa alat bantu selama tinggal di rumah sakit
  • biaya pemeriksaan
  • biaya ambulans
  • rawat jalan darurat
  • Perawatan darurat gigi karena kecelakaan
  • kemoterapi dan hemodialisis
  • Intervensi kecil
  • Pengobatan untuk kelainan kongenital
  • Prosedur Medis Sunat
  • perawatan utama
  • gusi
  • perawatan kompleks
  • perbaikan dan pemeliharaan
  • gigi palsu

2. Kompensasi untuk belasungkawa

Penerima manfaat menerima santunan belasungkawa jika pemegang polis meninggal

3. Santunan Kecelakaan

Pembayaran santunan jika pemegang polis meninggal karena kecelakaan, atau santunan jika kecelakaan menyebabkan cacat

4. Manfaat Rawat Jalan

Tertanggung menerima manfaat rawat jalan, yang besarnya berbeda dari biaya sebenarnya sesuai dengan peraturan. Manfaat ini meliputi:

  • Biaya konsultasi dan tindakan untuk dokter umum atau spesialis
  • Obat-obatan yang diresepkan oleh dokter
  • tes diagnostik
  • terapi fisik

5. Rawat gigimu

Pemegang Polis berhak mendapatkan penggantian biaya perawatan gigi apabila nilai yang akan diganti masih dalam taraf yang wajar, i. H. tidak bisa dikejar

6. Manfaat Kelahiran

Manfaat persalinan antara lain:

  • Pengiriman normal
  • melahirkan melalui operasi caesar
  • keguguran
  • kontrol kehamilan
  • perawatan setelah lahir

7. Manfaat kacamata

Biaya lensa dan frame juga dapat ditanggung oleh asuransi kesehatan BCA jika Anda terdaftar dalam produk BCA Life Health Protection ini.

Syarat pengajuan asuransi kesehatan BCA

Tentunya, seperti perusahaan asuransi lainnya, BCA Life memiliki beberapa syarat untuk dapat berpartisipasi dalam setiap produk asuransi kesehatannya. Berikut ketentuan masing-masing produk:

Rumah Sakit 100% dapat diganti

Ketentuan pembelian produk rumah sakit yang dapat diganti 100% adalah sebagai berikut:

  • Warga Negara Indonesia (WNI)
  • Pemegang Polis berusia minimal 21 tahun dan tidak lebih dari 59 tahun
  • Usia tanggungan dari 6 bulan hingga 59 tahun
  • Polis hanya untuk satu tertanggung
  • Partisipasi terjadi melalui proses telemarketing dan percakapan dicatat sebagai bukti partisipasi

Bima menjaga kesehatanku

Ketentuan pembelian produk Bima Proteksi Kesehatan adalah sebagai berikut:

  • Pemegang Polis dan Tertanggung adalah Warga Negara Indonesia (WNI)
  • Pemegang polis harus berusia minimal 21 tahun dan tidak lebih dari 59 tahun
  • Sedangkan usia tertanggung untuk anak-anak minimal 6 bulan hingga 17 tahun, sedangkan usia dewasa adalah 18 hingga 59 tahun
  • Memiliki rekening tabungan BCA
  • Pemegang polis harus menjadi tertanggung terlebih dahulu, tertanggung lainnya dapat menjadi istri atau anak-anaknya
  • Polis hanya untuk satu tertanggung

BCA Life Purna Medical Optima

Persyaratan pembelian produk BCA Life Purna Medis Optima adalah sebagai berikut:

  • Pemegang Polis dan Tertanggung harus Warga Negara Indonesia (WNI)
  • Usia minimum pemegang polis adalah 21 tahun, usia maksimum adalah 55 tahun
    minimum tertanggung adalah 21 tahun, sedangkan usia maksimum dapat 50 tahun dengan
  • usia pensiun 55 tahun dan 55 tahun dengan usia pensiun 60 tahun.
  • Polis hanya untuk satu tertanggung
  • Partisipasi terjadi melalui proses telemarketing dan percakapan dicatat sebagai bukti partisipasi

Perlindungan Kesehatan BCA Life

Persyaratan produk BCA Life Health Protection adalah sebagai berikut:

Persyaratan peserta:

  • Terdaftar oleh kantor atau tempat kerja dan masih aktif bekerja di sana
  • Isi formulir Grup SPA

Kondisi ketergantungan:

  • Pasangan (istri sah)
  • Anak; sampai 3 anak

Persyaratan usia:

  • Anak-anak dari 0 hingga 25 tahun
  • Dewasa dari 18 hingga 70 tahun

Cara mendapatkan asuransi kesehatan BCA

Anda dapat dengan mudah mengambil asuransi kesehatan BCA secara offline dan online. Untuk belanja offline, Anda bisa langsung datang ke agen asuransi BCA terdekat di kota Anda, atau bisa menghubungi mereka atau datang ke cabang BCA life di kota Anda.

Jika ingin lebih praktis, Anda bisa membelinya secara online melalui situs resminya di https://www.bcalife.co.id/. Sebelum membeli asuransi, pastikan Anda mengetahui jenis produk dan polis yang tepat sesuai dengan kebutuhan Anda. Untuk meyakinkan diri sendiri bahwa produk yang Anda pilih adalah produk yang tepat, Anda bisa bertanya terlebih dahulu kepada customer service sebelum mengambil keputusan akhir.

Anda juga dapat membeli produk tertentu melalui saluran lain, mis. B. telemarketing, bancassurance atau keagenan.

Cara bayar premi asuransi kesehatan BCA

Pembayaran premi asuransi kesehatan BCA dapat dilakukan secara offline dengan datang langsung ke kantor atau kantor pusat. Hal ini juga dapat Anda lakukan dengan membayar Asuransi Jiwa BCA yang lebih nyaman yaitu secara online melalui aplikasi BCA Life Mobile Services. Anda dapat mengunduh aplikasi ini secara gratis dan mudah melalui Play Store atau App Store.

Cara cek polis asuransi kesehatan BCA

Selain membayar polis asuransi kesehatan BCA, Anda juga dapat menggunakan aplikasi BCA Life Mobile Services untuk mengecek status polis. Cara ini merupakan pilihan paling praktis yang ditawarkan BCA Life.

Namun jika Anda mengalami kendala yang menghalangi Anda untuk menggunakan aplikasi tersebut, Anda dapat mengecek status polis dengan menghubungi layanan call center BCA Life atau datang langsung ke cabang/kantor pusat BCA Life.

Cara mendaftar asuransi kesehatan BCA

Secara umum, Anda dapat melakukan klaim ke BCA Life dengan melakukan klaim ke BCA Life, melampirkan bukti pembayaran berupa kwitansi asli rumah sakit dan mengisi formulir klaim yang disediakan oleh BCA Life. Laporan tidak boleh lebih dari 90 hari setelah masa pengobatan.

Untuk mengajukan klaim, dokumen-dokumen berikut harus disiapkan:

  • Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP/SIM/Paspor) yang masih berlaku
  • Bukti pembayaran berupa kuitansi asli dan perincian asli seluruh biaya perawatan
  • Fotokopi medical report yang berisi keterangan tentang penyakit yang telah timbul, tindakan
  • pengobatan yang dilakukan atau pengobatan yang telah dilakukan, serta anjuran medis saat pasien keluar dari rumah sakit.
  • Formulir aplikasi harus diisi dengan lengkap dan ditandatangani oleh dokter yang merawat Anda
  • Dokumen pendukung lainnya, jika diperlukan, seperti fotokopi resep obat, hasil laboratorium, surat
  • izin dari rumah sakit untuk keperluan permintaan keterangan tambahan dari rumah sakit (jika diperlukan) dan sebagainya.

Anda dapat mengajukan sendiri permohonan penggantian biaya asuransi dengan datang langsung ke cabang BCA Life terdekat atau dengan mengirimkannya ke kantor pusat.

Cara mengakhiri asuransi kesehatan BCA

Tidak dapat dipungkiri bahwa setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda-beda dan sangat dinamis. Anda mungkin mengalami sesuatu yang berubah pikiran dan membuat Anda ingin membatalkan asuransi kesehatan BCA. Jadi jika hal ini terjadi, Anda tidak perlu khawatir karena ada cara mudah untuk membatalkan asuransi BCA Life.

Asuransi Jiwa BCA sendiri dapat dibatalkan oleh nasabah apabila tidak menyetujui ketentuan polis dengan alasan apapun dalam waktu 14 hari. Namun, beberapa langkah prosedur yang harus diikuti agar asuransi Anda dapat dihentikan, yaitu:

  • Menghubungi Customer Service BCA Life baik dengan menelepon call center BCA Life di 150888 atau email customer@bcalife.co.id atau Anda dapat menemui agen asuransi BCA atau langsung datang ke kantor BCA terdekat.
  • Nyatakan niat Anda untuk membatalkan asuransi kesehatan BCA dan sebutkan juga alasan keputusan Anda.
  • Setelah itu, Anda akan diminta untuk mengisi formulir yang telah disediakan dan memberikan beberapa dokumen pendukung yang perlu dilampirkan.
  • Setelah Anda mengisi semua dokumen, Anda tinggal menunggu konfirmasi pembatalan lebih lanjut dari asuransi jiwa BCA.

Tetapi ingat bahwa jika Anda membatalkan asuransi, Anda harus membayar penalti atau diskon. Jadi jangan heran jika jumlah yang dikembalikan setelah pembatalan asuransi tidak sesuai dengan 100% dari jumlah yang telah Anda bayarkan selama ini.

Manfaat Asuransi Kesehatan BCA

Asuransi kesehatan BCA atau BCA Life sendiri memiliki beberapa keunggulan utama, yaitu sebagai berikut:

  1. Menawarkan jaminan keamanan karena BCA Life Insurance terdaftar di OJK
  2. Menawarkan berbagai produk dengan keunggulan menarik di sisi pelanggan
  3. Pendaftaran dimungkinkan tanpa pemeriksaan kesehatan
  4. Mengajukan klaim relatif mudah
  5. Premi yang lebih rendah dibandingkan dengan penyedia asuransi lainnya
  6. Ada pengembalian premi untuk produk asuransi jiwa
  7. Rasio solvabilitas sangat tinggi, sehingga pelanggan merasa lebih aman saat melaporkan klaim
  8. Respon dan penanganan BCA Life juga sangat cepat dan lincah

Call center asuransi kesehatan BCA

Jika Anda memiliki keluhan atau membutuhkan informasi lebih detail mengenai produk yang ingin Anda beli dari BCA Life, Anda dapat mengirimkan atau bertanya langsung ke call center di nomor telepon 150888 atau melalui email ke customer@bcalife.co.id.

Demikian penjelasan kami mengenai asuransi kesehatan BCA yang dapat Anda pertimbangkan dalam memilih produk asuransi yang tepat untuk kebutuhan Anda. Premi yang relatif rendah, kualitas layanan dan berbagai keuntungan yang ditawarkan dapat menjadi alasan utama untuk menjadi nasabah asuransi kesehatan BCA Life.