Asuransi COVID-19

7 Manfaat Memiliki Asuransi COVID-19 – Pertahankan Bakat Utama Anda

Posted by

Semakin banyak perusahaan yang memutuskan karyawannya kembali bekerja di kantor, pabrik, atau lapangan, berpotensi menimbulkan risiko karyawan terpapar virus corona. Tidak hanya masker, face shield, hand sanitizer, atau starter pack lainnya yang harus disiapkan untuk melindungi karyawan Anda, tetapi juga asuransi COVID-19 sebagai perlindungan karyawan dan perusahaan.

Mengapa asuransi COVID-19 penting? Meskipun perusahaan telah memberikan fasilitas BPJS Kesehatan kepada karyawan, perlu Anda ketahui bahwa fasilitas tersebut tidak sepenuhnya melindungi karyawan dari biaya yang harus dikeluarkan jika karyawan dinyatakan sebagai pasien COVID-19 karena BPJS hanya dapat digunakan oleh JKN-KIS. pemegang Lantas, apa saja keuntungan memiliki asuransi COVID-19?

1. Lindungi perusahaan dan karyawan dari biaya tak terduga akibat COVID-19

Jika pegawai Anda menjadi pasien dan dirawat di rumah sakit rujukan pemerintah yang khusus menangani virus corona, maka biaya pengobatannya akan ditanggung oleh pemerintah. Namun, tahukah Anda bahwa biaya alat pelindung diri (APD) yang digunakan petugas kesehatan (nakes) akan ditanggung oleh pasien? Biaya APD ini bisa dibilang tidak sedikit, apalagi jika pasien harus menjalani perawatan di rumah sakit selama berhari-hari. Bukan tidak mungkin biaya APD yang harus ditanggung mencapai puluhan juta rupiah! Nah, salah satu keuntungan memiliki asuransi COVID-19 adalah asuransi ini bisa menutupi biaya APD serta biaya-biaya lain yang tidak ditanggung oleh asuransi atau pemerintah.

2. Menyelesaikan polis asuransi kesehatan

Apakah perusahaan Anda menyediakan asuransi kesehatan bagi karyawan? Coba cek, apakah asuransi kesehatan mengcover pandemi? Secara umum, polis asuransi kesehatan tidak mencakup pandemi, epidemi, kejadian luar biasa (KLB), dan penyakit akibat bencana. Padahal, seperti yang kita ketahui bersama, virus corona merupakan pandemi yang merupakan kejadian luar biasa. Untuk itu, perusahaan Anda perlu mempertimbangkan asuransi COVID-19 agar perlindungan kesehatan karyawan di masa pandemi ini semakin lengkap.

3. Sebagai alat perlindungan karyawan

Salah satu manfaat asuransi COVID-19 adalah sebagai alat pelindung diri karyawan, karena masa “New Normal” kembali bekerja mengharuskan karyawan untuk bepergian keluar rumah dan menggunakan transportasi umum. Hal ini bisa menjadi salah satu faktor karyawan terpapar dari virus corona. Maka dari itu, dibutuhkan suatu alat yang menjadi tameng agar memudahkan karyawan dalam melakukan aktivitas dan meningkatkan produktivitasnya.

4. Dapatkan kompensasi tunai tes swab

Keuntungan lainnya adalah jika salah satu karyawan Anda positif COVID-19 setelah melakukan tes swab, maka karyawan tersebut dapat mengajukan santunan tunai dari asuransi. Mengapa hal ini sangat penting bagi karyawan Anda, karena biaya untuk sekali swab test cukup mahal dengan kisaran antara Rp. 1,5 juta menjadi Rp. 3 juta per tes.

5. Dapatkan santunan tunai jika dirawat di rumah sakit

Ketika seorang pegawai harus dirujuk ke rumah sakit karena positif COVID-19, maka biaya yang dikeluarkan harus ditanggung oleh pegawai tersebut jika tidak dirawat di rumah sakit rujukan. Asuransi corona menjadi salah satu solusi agar karyawan bisa terbantu untuk membayar tagihan di rumah sakit. Karena akan ada santunan tunai yang dikeluarkan oleh asuransi setelah karyawan tersebut keluar dari rumah sakit.

6. Mendapatkan fasilitas kesehatan yang layak

Memiliki asuransi khusus corona berarti memberikan fasilitas kesehatan yang layak kepada karyawan, mengapa? Karena asuransi COVID-19 bisa digunakan di rumah sakit manapun di Indonesia, termasuk beberapa rumah sakit di luar negeri. Artinya, karyawan punya banyak pilihan rumah sakit yang bisa dijadikan rujukan saat sakit akibat virus corona.

7. Memberikan rasa aman bagi karyawan

Mampu mengelola kecemasan dan memberikan rasa aman bagi karyawan merupakan salah satu faktor penting dalam menjaga produktivitas karyawan. Ini merupakan faktor yang sangat penting karena dengan perlindungan yang dimiliki karyawan, mereka dapat melakukan perjalanan ke kantor atau pabrik dengan rasa aman. Sehingga keluarga yang ditinggal di rumah juga terasa tenang.